Air Kencing Tidak Berhenti Setelah Berwudhu

1 menit baca
Air Kencing Tidak Berhenti Setelah Berwudhu
Air Kencing Tidak Berhenti Setelah Berwudhu

Pertanyaan

Para Syeikh yang terhormat. Saya memiliki seorang saudara laki-laki yang mengeluhkan masalah seperti di bawah ini. Saudara laki-laki saya tersebut mengatakan bahwa setelah masuk WC dan buang air, lalu bersuci dengan baik, dia melihat tetesan air di pakaian yang menutupi kemaluannya ketika keluar dari WC untuk berwudu.

Dia pun merasa ragu, apakah tetesan tersebut air kencing atau bukan. Dia mengatakan bahwa hal itu seringkali membuatnya bingung dan ragu tentang keabsahan wudhunya, kesucian pakaiannya, dan kebolehan menggunakannya untuk salat sehingga dia pun mengulangi wudhu dan mengganti pakaiannya. Apa pendapat Anda semua tentang hal ini?

Jawaban

Jika kenyataannya seperti yang Anda sebutkan, maka tampaknya apa yang dialami orang tersebut adalah sekedar was-was dan keraguan. Dengan demikian, dia harus mengabaikannya dan tidak menghiraukannya karena itu berasal dari setan untuk merusak ibadah seseorang. Seandainya setelah berwudhu dia memercikkan air ke celananya untuk menghilangkan keraguannya, maka hal itu akan lebih baik.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21683

Lainnya

Kirim Pertanyaan