Ragu Telah Terbit Fajar Atau Belum Padahal Ingin Makan Sahur

1 menit baca
Ragu Telah Terbit Fajar Atau Belum Padahal Ingin Makan Sahur
Ragu Telah Terbit Fajar Atau Belum Padahal Ingin Makan Sahur

Pertanyaan

Pertanyaan 1: Seseorang ragu telah terbit fajar atau belum, padahal dia ingin makan sahur. Apa yang sebaiknya dia lakukan?
Pertanyaan 2: Apakah doa yang dianjurkan untuk orang yang berpuasa sebelum memulai berbuka?

Jawaban

Jawaban 1: Hukum asalnya adalah masih malam, karena itu dia boleh makan dan lain-lain. Dia belum wajib menahan (makan, minum, dan hal membatalkan lainnya) sehingga yakin terbit fajar, dengan melihat sendiri, atau mendengar orang yang terpercaya mengumandangkan adzan tanda terbit fajar.

Jawaban 4: Disyariatkan berdoa ketika berbuka puasa. Di antaranya, doa yang tersebut dalam Sunan Abu Dawud dari Ibnu Umar radhiyallahu `anhuma, yang mengatakan bahwa:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال: ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bila hendak berbuka puasa berdoa, “Rasa dahaga telah hilang, urat-urat telah basah, dan pahala telah diberikan, Insya Allah”.

Dan dari Mu’adz bin Zuhrah, yang mengatakan bahwa:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال: اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bila hendak berbuka puasa berdoa, “Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”. Hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang lemah.

Sunnahnya, memperbanyak doa-doa yang baik sesuai kemampuannya. Sebab, orang yang sedang berpuasa itu doanya dikabulkan, baik dilantunkan saat menjalankan puasanya, atau ketika berbuka.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16328

Lainnya

Kirim Pertanyaan